Rabu, 24 Juni 2015

Contoh Pidato Singkat Berbakti Kepada Orang Tua

Contoh Pidato Singkat Berbakti Kepada Orang Tua - Saudaraku sesama muslim, ketahuilah bahwa berbakti kepada orang tua adalah sebuah kata yang mencakup kebaikan dunia dan akhirat. Berbakti kepada orang tua adalah berbuat baik kepada mereka, memenuhi hak-hak mereka, dan mentaati mereka dalam hal-hal sunnah dan hal-hal mubah, bukan hal-hal wajib ataupun maksiat. Kata bakti adalah perlawanan kata durhaka. Durhaka adalah berbuat buruk kepada kedua orang tua, dan menyia-nyiakan hak mereka. Berbakti kepada orang tua dapat dilakukan dengan cara kita berintaksi dan bergaul dengan mereka secara baik serta membina hubungan silaturahmi dan memberikan nafkah kepada mereka tanpa mengharapkan imbal balik. 

contoh pidato berbakti kepada orang tua

 Hadirin yang dimulyakan Alloh.
Kedua orang tua adalah ayah dan ibu, baik itu dari garis keturunan ataupun dari garis susuan, apakah keduanya muslim atau kafir. Dan berbakti kepada orang tua hukumnya dalah wajib, berarti jika kita berbakti kepada orang tua tentu kita akan mendapatkan pahala dari Alloh, sebaliknya, jika kita tidak berbakti kepada orang tua, maka adzab yang pedih menanti kita di dunia ataupun kelak di akhirat.
Sebagaimana Alloh Swt berfirman dalam surah al-israa’ ayat 23.

Yang artinya “ Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada orang tua dengan sebaik-baiknya.”
Ayat lain menyebutkan dalam surah Al-ankabuut ayat 8.
Artinya “Dan kami wajibkan manusia berbakti kepada dua orang ibu bapaknya. 

Hadirin yang seiman dan seagama. 
Ayat diatas menjelaskan bahwa kita selaku anak harus semestinya berbakti kepada orang tua, tanpa mereka kita tidak akan ada, tanpa mereka kita tidak bisa menikmati hidup di dunia ini, ibu adalah orang yang melahirkan kita, 9 bulan kita berada dalam diperut seorang ibu, dia tidak pernah mengeluh karena beban kita, ibu yang susah payah setengah mati melahirkan kita, dan ibu senantiasa menggendong kita memandikan kita, tanpa lelah siang dan malam terus mengurusi kita. Sedang kan bapak adalah kepala rumah tangga, dia berangkat pagi pulang sore terkadang malam hanya untuk mencari uang untuk makan kita, biaya sekolah kita, beli baju untuk kita.. Tidak akan pernah berhenti mereka berbuat kebaikan hany untuk kita sebagai buah hatinya. mereka tidak meminta apa-apa dari kita. maka dari itu rosululloh pernah ditanya,”Siapakah manusia yang berhak mendapatkan perlakuan baik ku? Beliau menjawab,”Ibumu.” kemudian orang itu bertanya lagi, “lalu siapa lagi”beliau menjawab,”Ibumu.”kemudian siapa? Rosul menjawab:”Ibumu.” Kemudian siapa? Rosul menjawab “ Ayahmu.”

Hadirin yang saya hormati.
Hadist diatas merupakan hadits yang shahih yang diambil dari “Shahih Bukhari, Juz 18 halaman 363 dan Shahih Musli,, Juz 12, halaman 388

Adapun hikmah yang dapat diperoleh ketika kita menghormati mereka adalah:
  1. Sesorang akan meraih kesuksesan jika menuruti kepada orang tua.
  2. Hidup akan terasa tenang
  3. Mendapatkan keberkahan dunia dan diakhirat.
Mungkin itu yang dapat saya uraikan dalam kesempatan ini. Semoga kita termasuk anak yang berbakti kepada orang tua. Pesan terakhir dari saya :”Buat mereka tersenyum.”

Artikel Terkait

Contoh Pidato Singkat Berbakti Kepada Orang Tua
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email